Gamifikasi Cerita Rakyat Berbahasa Inggris
Produk Gamifikasi Cerita Rakyat bahasa Inggris ini merupakan produk dari hasil penelitian pengembangan yang telah dilakukan pada tahun 2018 oleh Putu Kerti Nitiasih, dkk. Latar belakang pengembangan produk ini adalah karena adanya permasalahan yang ditemukan dilapangan yaitu: (1) kurangnya motivasi siswa belajar dengan metode klasikal, (2) kurangnya pengetahuan dan kemampuan guru menggunakan teknologi pembelajaran di dalam kelas, (3) kurangnya sarana dan prasarana pembelajaran berbasis teknologi di sekolah dan (4) tidak adanya keinginan siswa untuk membaca cerita rakyat sehingga pelestarian budaya menjadi kian menurun. Oleh sebab itu, produk gamifikasi ini dikembangkan. Pengenalan cerita rakyat berbahasa Inggris melalui gamifikasi adalah keterbaruan dari produk ini. Sejauh ini pengenalan cerita rakyat kepada anak-anak tidak ada yang melalui permainan. Permainan yang ada hanya sekedar permainan untuk melatih kemampuan bahasa Inggris atau hanya sekedar hiburan. Namun produk ini menawarkan permainan yang dapat melatih kemampuan berbahasa Inggris mereka serta mengajak anak-anak untuk melestarikan nilai-nilai karakter yang terdapat dalam cerita rakyat. Produk ini sangat baik untuk dikembangkan, mengingat di era milineal ini, anak-anak sudah sangat terbiasa menggunakan Smartphone mereka didalam mencari informasi. Ada 5 cerita rakyat Bali yang telah dikembangkan dalam produk ini, yaitu: I Sugih and I Tiwas, Manik Angkeran, I Cupak lan I Grantang, I Ketimun Mas dan Siap Selem. Disetiap cerita terdapat 3-4 level yang akan dimainkan oleh anak-anak. Disetiap levelnya terdiri lagi dari beberapa sub level. Jenis permainan yang ditawarkanpun beragam, seperti puzzle, matching words, choosing the right things, labyrinth, choosing the right line, choosing the right color glass, dll. Produk ini telah bersertifikat HKI, dan dari hasil uji coba terbatas telah terbukti dapat meningkatan (1) motivasi siswa, (2) penyadaran siswa terdapat cerita rakyat, (3) karakter siswa melalui nilai didalam cerita. Sebelum dikomersilkan, produk ini akan melalukan penyempurnaan lebih lanjut serta uji validasi pasar. Setelah melalui penyempurnaan produk, rencana strategi pemasaran produk ini akan dipasarkan melalui direct marketing, social media marketing dan open booth pameran. Sebelumnya produk akan didaftarkan di platform Google Play Store sehingga bagi pengguna yang ingin memainkan game ini dapat mengunduh di Google Play Store.