Business Model Canvas Inkubator Bisnis Undiksha terdiri dari Sembilan pilar yang merangkum proses bisnis yakni key key partner, key activities, value proposition, costumer relationship, costumer segmens, channel, key resource, cost structure, dan revenue stream. Kesembilan pilar tersebut akan membantu inkubator bisnis Undiksha dalam memvalidasi apakah sebuah ide bisnis tersebut memiliki potensi atau tidak.
Key partner inkubator bisnis yang dimaksud disini adalag mitra yang mendukung sebuah aktivitas bisnis, yang dalam hal ini adalah dinas, sekolah, industri , termasuk pihak yang berkaitan dengan penyediaan bahan baku produksi.
Key activities, yakni adanya inovasi teknologi yang dibutuhkan dalam proses produksi.
Value propositions, inovasi produk yang ditawarkan dan menjadi keunggulan utama produk tenant yang diinkubasi di dalam inkubator bisnis.
Costumer relationship bertujuan untuk mempertahankan hubungan bisnis yang pada inkubator bisnis dilakukan free coaching, promosi produk secara periodic serta kerjasama dengan instansi baik di dalam maupun luar Kabupaten Buleleng.
Costumer segment, diketahui siapa konsumen yang potensial, sehingga masing -masing tenant dengan di dampingi oleh inkubator bisnis menganalisa dan memahami segmen pasar, sehingga produk yang dihasilkan dapat di serap pasar.
Key Resources, asset yang penting dalam pengembangan inkubator bisnis Undiksha dalam hal ini adalah tersedianya pengelola yang mampu bekerja dengan baik, pendamping yang kompeten serta tenant yang kreatif dan inovatif dalam mengembangkan produk. Selain itu, dana, baik yang berasa dari kampus maupun pengajuan melalui RistekBrin.
Channel, yakni media bisnis yang digunakan untuk menyampaikan produk yang inovatif yang dikembangkan oleh tenant, yang dibutuhkan oleh konsumen, dapat sampai ke konsumen, baik secara langsung (sales call) maupun online dengan berbagai jenis platform bisnis.
Cost structure kebutuhan biaya pada inkubator bisnis Undiksha diantaranya honor pengelola, promosi, administrasi, rekrutment tenant, mentoring, pameran, business matching
Revenue stream, pendapatan saat ini masih berasal dari dana DIPA Universitas, namun ke depan diharapkan mampu diperoleh dari pengajuan dana melalui program hibah dan kontrak dengan tenant yang telah memasuki tahap exit strategi.